Kenali Lemak Baik dan Lemak Jahat

Posted: January 12, 2015 in kesehatan
Tags:

Mempelajari lemak yang baik untuk Anda dan mana yang harus dihindari.

Kebijaksanaan umum selama bertahun-tahun adalah bahwa semua lemak harus dihindari. Lemak trans, lemak jenuh, lemak tak jenuh – hanya tinggal jauh dari mereka semua. Tapi sekarang para ilmuwan menyadari bahwa lemak – dan bagaimana tubuh kita mengolahnya – jauh lebih kompleks.

Tubuh kita membutuhkan lemak untuk berfungsi optimal. Tapi kita perlu hak jenis lemak, dan kita perlu berlatih moderasi. Beberapa lemak sebenarnya baik untuk Anda, dan lain-lain harus dihindari di semua biaya. Bagaimana Anda tahu yang mana?

Lemak: The Good, the Bad, Ugly

Alexa Schmitt, RD, ahli gizi klinis di Rumah Sakit Umum Massachusetts, mengatakan lemak tak jenuh mono-dan polyunsaturated yang “lemak baik” dan bahwa lemak jenuh dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang. Lemak trans, bagaimanapun, harus dihindari sama sekali, menambahkan Schmitt, menjelaskan bahwa lemak trans yang berbahaya karena mereka meningkatkan kadar kolesterol. Tingginya kadar beberapa jenis kolesterol, khususnya low-density lipoprotein (LDL) kolesterol (yang disebut “kolesterol jahat”) meningkatkan risiko penyakit jantung dan kondisi kesehatan lainnya, termasuk stroke.

Jadi bagaimana kita tahu mana makanan mengandung lemak yang? Sebagai aturan umum, Schmitt mengatakan, “lemak yang cair pada suhu kamar, seperti minyak zaitun, merupakan pilihan yang lebih baik daripada makanan yang semi-padat, seperti mentega atau margarin.” Tips berikut akan membantu Anda memilih makanan yang kaya lemak tak jenuh mono-dan polyunsaturated dan rendah lemak trans.

Mono-lemak tak jenuh (lemak tak jenuh): Sumber yang baik dari mono-lemak tak jenuh yang canola dan zaitun minyak, kacang, dan alpukat.

Tip: Sebarkan alpukat pada bagel bukannya krim keju. Gunakan minyak zaitun dan bawang putih bukannya susu dan mentega untuk twist beraroma pada kentang tumbuk.

Poli-lemak tak jenuh (lemak tak jenuh): Ada dua jenis poli-tak jenuh lemak, omega-6 dan omega-3 lemak. Karena kebanyakan orang Amerika mendapatkan banyak omega-6 lemak dalam diet mereka dari minyak nabati, Schmitt mengatakan perhatian utamanya adalah lemak omega-3. Sumber yang baik dari omega-3 lemak ikan (salmon dan tuna), biji rami, dan kenari.

Tip: Snack pada segenggam kenari, atau menambahkan satu sendok makan biji rami tanah untuk oatmeal pagi atau sereal. Anda juga dapat menambahkan ground flaxseed ketika Anda memanggang kue atau muffin untuk meningkatkan omega.

Lemak jenuh: Daging merah, daging berlemak seperti daging asap, produk susu seperti krim dan mentega, dan minyak sayur tebal seperti kelapa, kelapa, dan minyak inti merupakan sumber lemak jenuh.

Tip: Nikmati steak sekarang dan kemudian, tetapi cobalah untuk membatasi lemak jenuh sampai 10 persen dari diet Anda, paling banyak.

Trans fat: Dibuat dengan menambahkan hidrogen ke dalam minyak sayur, suatu proses yang dirancang untuk memperpanjang umur simpan barang dikemas, lemak trans ditemukan dalam berbagai kemasan dan olahan makanan, termasuk roti item, cookies, dan kerupuk.

Tip: Saat Food and Drug Administration pedoman memungkinkan produsen untuk mengatakan bahwa produk mereka adalah “lemak trans bebas” jika mengandung kurang dari 0,5 gram lemak trans per porsi. Periksa label makanan olahan untuk “terhidrogenasi” atau “partially hydrogenated” minyak pada bahan. Kata-kata ini sinyal bahwa produk dapat memiliki hingga 0,5 gram per porsi. Makan beberapa porsi, dan ini mulai bertambah.

Intinya? Jadilah pembelanja berpendidikan: Tahu apa yang harus dicari dan perangkap potensial. Cobalah untuk melakukan sebagian besar belanja Anda di sekeliling toko kelontong, membatasi perjalanan Anda ke bagian dalam lorong – di mana sebagian besar penyebab lemak trans berada. Pada perimeter, Anda dapat fokus pada buah-buahan segar dan beku dan sayuran, daging tidak berlemak dan ikan, dan biji-bijian segar dari toko roti. Tambahkan sedikit minyak zaitun, dan Anda akan benar-benar memasak!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s